Sistem Manajemen Mutu
ISO 9001:2015 adalah standar internasional sistem manajemen mutu dalam menjamin kualitas produk atau jasa. Standar ini digunakan sebagai panduan dalam membangun, mengimplementasikan, dan memelihara sistem manajemen mutu yang efektif. Dimana dapat diterapkan oleh organisasi dari berbagai sektor dan ukuran, dan membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan, kepuasan pelanggan, efisiensi operasional, dan keberlanjutan bisnis.
Apabila perusahaan/organisasi berhasil mengimplementasikan dan mendapatkan sertifikasi ISO 9001, artinya produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan telah terjamin kualitasnya. Sertifikasi ISO 9001 adalah proses penilaian kelayakan terhadap sistem manajemen kualitas yang memungkinkan organisasi mendapatkan pengakuan secara global.
Manfaat ISO 9001:2015
Jaminan kualitas produk atau jasa
ISO 9001:2015 membantu organisasi memperbaiki dan mengelola kualitas produk dan layanan melalui pendekatan berbasis proses, pemantauan dan pengukuran kinerja, serta berfokus pada kepuasan pelanggan.
Memperluas jangkauan bisnis
Keberhasilan sertifikasi ISO 9001 dapat membantu organisasi memperluas jangkauan bisnisnya. Sehingga memungkinkan organisasi untuk menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan berkelas internasional.
Meningkatkan Brand Image
Implementasi dan sertifikasi ISO 9001 membantu organisasi meraih kepercayaan penuh dari pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan reputasi di kalangan publik yang kemudian berpengaruh pada peningkatan brand image perusahaan.
Kepuasan Pelanggan
Dengan jaminan kualitas produk, layanan, dan mengoptimalkan proses bisnis, organisasi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sehingga dapat mendorong peningkatan retensi pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan.
Efisiensi operasional dan biaya
ISO 9001:2015 mengedepankan pendekatan berbasis proses yang membantu organisasi untuk mengidentifikasi, mengelola, dan meningkatkan efisiensi bisnis. Yaitu dengan menekan biaya, menghilangkan pemborosan, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
Kepercayaan pihak berkepentingan
Sertifikasi ISO 9001 menjadi bukti bahwa organisasi telah memenuhi persyaratan standar internasional. Hal ini membantu organisasi meningkatkan kepercayaan pihak eksternal terhadap organisasi, serta membantu memenuhi persyaratan kontrak, tender, atau peraturan yang mensyaratkan sertifikat ISO 9001.
Meningkatnya nilai kompetitif
ISO 9001:2015 mendorong organisasi untuk dapat bersaing di pasar global. Sertifikasi ISO 9001 memberikan organisasi kemampuan bersaing tingkat tinggi dengan para kompetitor di pasar internasional.
Prinsip ISO 9001:2015
Costumer Focus
Perusahaan harus memahami dan memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan, serta berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama.
Leadership
Pemimpin perusahaan dan atau manajemen puncak pada seluruh level harus memiliki tujuan yang sama serta turut terlibat secara aktif dalam implementasi sistem manajemen mutu.
Engagement of People
Teamwork yang hebat mambantu pencapaian kesuksesan dan keberhasilan mencapai tujuan perusahaan. Setiap karyawan memiliki nilai dan kontribusi sendiri untuk kemajuan perusahaan.
Process Approach
Organisasi harus mengadopsi pendekatan berbasis proses dalam merencanakan, melibatkan, mengendalikan, dan memperbaiki semua proses yang terlibat dalam sistem manajemen mutu.
Improvement
Organisasi harus berkomitmen untuk meningkatkan sistem manajemen mutu secara terus-menerus, serta melakukan tindakan perbaikan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi yang lebih baik.
Evidence-Based Decision Making
Dalam proses pengambilan keputusan, setiap perusahaan harus memiliki dasar analisis dan evaluasi data. Tujuannya untuk meminimalkan kesalahan pengambilan keputusan karena alasan kompleks maupun dianggap tidak pasti.
Relationship Management
Implementasi ISO 9001 menuntut perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun para stakeholder terkait. Keduanya memiliki peran penting dalam membantu perusahaan mencapai target yang diharapkan.
Hubungi Kami
Kami siap membantu Anda dalam pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem manajemen yang efektif dan efisien